Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca tapi Tidak Centang Biru

Pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui beberapa trik dalam menggunakan WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang dapat memudahkan interaksi. Salah satu trik itu seperti cara mengetahui WA sudah dibaca tapi tidak centang biru.

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui chat atau pesannya telah dibaca orang lain atau belum. Fitur ini bernama Read Receipts dan muncul dalam bentuk tanda centang biru.

Jika fitur diaktifkan, pesan yang dikirim pengguna dan telah dibaca kontak tujuan bakal memiliki tanda centang biru. Fitur ini cukup berguna karena membuat pengguna dapat mengetahui pesannya telah dibaca atau belum.

Dalam kondisi tertentu, dengan centang biru, pengguna yang mengirim chat penting jadi bisa mengetahui bahwa pengguna lain telah membacanya dan bisa segera mendapat balasan. Meski berguna, tanda centang biru dapat mengganggu privasi untuk sebagian orang.

Untuk meningkatkan privasi, tanda centang biru itu bisa dimatikan. Saat tanda centang biru dimatikan oleh orang atau pengguna lain, pengguna tak akan bisa mengetahui apakah chat WA yang dikirimnya telah dibaca atau belum.

Baca Juga:   Simak Jadwal FYP TikTok 2023: Seru dan Kreatif di Hari Minggu, Sabtu, Senin, hingga Kamis

Tanda centang pada pesan tetap akan berwarna abu-abu, tidak berubah jadi biru, meski penerima telah membacanya. Alhasil, pengguna akan kesulitan untuk mengetahui pesannya telah dibaca pengguna lain atau belum.

Akan tetapi, sebenarnya terdapat satu cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca meski centang biru dimatikan. Lantas, bagaimana cara mengetahui WA kita sudah dibaca tapi tidak centang biru?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengetahui WA sudah dibaca tapi tidak centang biru.

Cara mengetahui WA sudah dibaca tapi tidak centang biru

Cara mengetahui WA sudah dibaca tapi tidak centang biru pada dasarnya sangat mudah. Namun, pengguna tak bisa melakukannya dengan melihat status pesan telah dibaca di ruang obrolan pribadi.

Baca Juga:   VIRAL Wanita Berdaster Naik Lamborghini

Seperti yang sempat disinggung di atas, saat tanda centang biru dimatikan, pengguna tak akan bisa melihat status pesannya telah dibaca oleh pengguna lain atau belum.

Untuk mengetahui pesan telah dibaca atau belum saat tanda centang biru dimatikan, cara satu-satunya adalah dengan melihat status pesan telah dibaca di ruang obrolan grup.

Sebagai informasi, grup WhatsApp adalah ruang interaksi yang bersifat publik. Di grup WhatsApp, status pesan telah dibaca tidak dapat disembunyikan. Dengan demikian, setiap anggota yang membaca pesan pengguna bisa dilihat statusnya.

Jadi, pengguna tetap bisa melihat pesannya telah dibaca atau belum oleh kontak yang ingin diketahui status aktivitasnya melalui ruang obrolan grup. Adapun cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca meski centang biru dimatikan lewat grup adalah sebagai berikut:

  • Buka salah satu grup di WhatsApp.
  • Pastikan pengguna lain yang ingin diketahui status apakah telah membaca pesan atau belum, tergabung juga dalam grup tersebut.
  • Kirim pesan di grup tersebut. Tunggu beberapa saat, ketuk dan tahan pesan yang tadi telah terkirim, lalu klik opsi “Info”.
  • Pada opsi itu, bakal tampil daftar seluruh anggota di grup yang telah membaca pesan tersebut.
  • Pada daftar itu, pengguna juga bisa melihat apakah pengguna lain yang ingin diketahui status aktivitasnya telah membaca kiriman pesan di grup tadi.
Baca Juga:   Keren! Pakai Kain Kasur Kapuk Sebagai Outif Rebahan Pria di Magelang Viral

Cukup mudah bukan cara mengetahui WA sudah dibaca tapi tidak centang biru? Dengan trik di atas, pengguna dapat memiliki opsi lain untuk memastikan apakah pesan yang dikirimnya telah dibaca kontak tertuju.

Untuk diingat, cara ini memiliki kekurangan, yaitu dapat berpotensi mengganggu privasi orang lain. Pengguna sebaiknya tidak memasukkan orang lain secara paksa ke dalam grup baru hanya untuk ingin mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum.

Loading