Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik

Suara mesin ngelitik atau engine knocking jangan dianggap sepele. Cek penyebabnya agar tidak merembet dan merusak komponen mesin lain.

Ciri-ciri terjadi knocking adalah munculnya suara ngelitik pada mesin mobil yang cukup keras disertai munculnya getaran mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut.

Mesin mengalami knocking sangat mengganggu saat hendak meningkatkan kecepatan atau menanjak.

“Akibatnya piston yang sedang bergerak dari bawah menuju ruang bakar mesin dalam waktu yang sama mendapat gaya tekan dari atas atau ruang bakar mesin,” kata Jasin pemilik bengkel Provis Autolab Bintaro saat dikonfirmasi, Senin (12/2).

Baca Juga:   Estimasi Biaya Perbaikan Mobil dengan Penyok Satu hingga Tiga Panel

Umumnya mesin ngelitik terjadi karena bahan bakar dan udara di ruang pembakaran terbakar lebih cepat dari waktunya.

Menurutnya, penyebab suara mesin ngelitik ini bisa disebabkan salah menggunakan jenis bahan bakar, hingga ruang bakar kotor.

Untuk kasus pemilihan jenis bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik sangatlah penting. Kandungan oktan atau cetane yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, menjadi salah satu penyebab mesin ngelitik.

“Menggunakan BBM oktan atau cetane yang lebih rendah dari yang direkomendasikan bisa membuat bahan bakar terbakar lebih cepat, sehingga timbul suara aneh pada mesin,” tuturnya.

Baca Juga:   Mengungkap Penyebab Overheat pada Mesin Mobil

Meski demikian salah pilih BBM bukan satu-satunya penyebab. Masih banyak hal lain yang bisa menjadikan mesin mengeluarkan suara tak normal, di antaranya terdapat banyak deposit/residu di ruang bakar mesin.

Pada saat mesin panas, residu ini akan lebih cepat membakar bahan bakar dan udara. Solusinya, yaitu dengan membersihkan ruang bakar mesin di bengkel resmi atau bengkel rekomendasi.

Bagi Jasin, cara untuk menghilangkan mesin ngelitik yakni dengan Tune Up Semi Sport (TUSS). TUSS disebut bisa menyempurnakan serta mengoptimalkan pembakaran di ruang mesin.

Loading