Agar Jangan Bawa Pulang Virus Corona, Ikuti Tips Ini Ketika Harus Keluar Rumah

Hal termudah yang bisa kita lakukan untuk terhindar dan menekan jumlah penyebaran virus Corona adalah tetap tinggal di rumah. Namun, bagaimanapun kamu tetap harus berpergian ke luar untuk pergi berbelanja kebutuhan makanan atau membeli obat ke apotek.

Namun ketika pergi keluar, kamu harus pastikan untuk enggak membawa virus Corona pulang ke rumah. Oleh karena itu, Dr Bill Griggs selaku mantan direktur unit trauma di Rumah Sakit Royal Adelaide membagikan tipsnya. Dengan tips ini kamu bisa pergi ke supermarket atau tempat-tempat lain dengan aman tanpa harus khawatir membahayakan keluarga tercinta di rumah.

Dokter Bill Griggs menyampaikan tips dan triknya ini melalui wawancaranya dengan 9 News Australia. Awalnya teman-teman Dokter Briggs menanyakan apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa pandemi COVID-19.

Dokter Griggs memberikan 25 tips untuk menghindari membawa pulang virus Corona yang dibagi menjadi tiga kategori, yakni ketika meninggalkan rumah, ketika sedang di luar, dan saat sampai di rumah.

1. Ketika meninggalkan rumah

Sebelum pergi meninggalkan rumah, kamu harus pastikan beberapa hal terlebih dulu. Pertama, lepaskan semua aksesoris termasuk jam tangan, gelang, perhiasan yang dipakai dari bagian siku ke bawah. Karena ketika kamu pulang nanti, kamu harus mandi untuk membersihkan diri.

Baca Juga:   Rusia Menawarkan Vaksin Corona ke Indonesia, dan Memberikan Keunggulan Vaksin Corona Sputnik V

Kemudian siapkan kantong plastik atau kantong untuk menyimpan telepon, dompet, kunci, dan hand sanitizer. Lebih baik jangan membawa tas karena virus dan bakteri bisa menempel di tasmu. Jadi lebih baik gunakan kantong berbahan plastik yang bisa dicuci ulang atau kantong kertas sekali pakai yang bisa langsung dibuang.

Lalu usahakan mengenakan sepatu tertutup, jadi jangan pakai sandal yang mengekspos kakimu terhadap virus. Sebelum pergi kamu juga bisa menaruh boks atau wadah di depan rumah yang nantinya bakal kamu perlukan ketika sudah sampai di rumah.

Terakhir, rencanakan terlebih dahulu rute perjalanmu dan kegiatannya agar tidak membuang banyak waktu di luar rumah.

2. Ketika sedang berada di luar

Kemudian ketika sedang di luar, Dokter Griggs meminta agar kamu tidak memakai dan memainkan telepon genggammu kalau memang tidak perlu. “Jangan main media sosial. Kamu bisa bertahan tanpa itu untuk sejenak,” jelasnya. Soalnya bakteri dan kuman mudah menempel di ponsel lho.

Hal penting berikutnya adalah jangan pegang wajahmu. Kalau merasa gatal, Dokter Briggs menyarankan untuk menggosoknya dengan lengan saja jangan menggunakan jemari tangan.

Selalu beranggapan bahwa semua hal itu bisa jadi media yang terkontaminasi. Memang sih kesannya kamu berpikiran negatif tapi lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal bukan? Sehingga jangan memegang benda-benda seperti tombol lift, keranjang belanja, gagang pintu, tombol ATM, dan sebagainya.

Baca Juga:   Mengukur Suhu Tubuh Menggunakan HP Android

Lebih baik kamu gunakan sarung tangan saja atau menyemprotkan cairan disinfektan terlebih dahulu. Untuk membuka pintu, kamu dapat menggunakan siku, bahu, atau kaki.
Saat bertransaksi, lebih baik hindari uang tunai karena kamu enggak pernah tahu sudah berapa banyak orang yang memegang uang tersebut. Usahakan untuk menekan tombol mesin EDC menggunakan buku jari atau jari manis, soalnya jempol dan jari telunjuk biasanya lebih sering digunakan untuk menyentuh wajah.

Tips berikutnya adalah hindari makan di luar. Jangan minum juga kecuali memang kamu membawa minuman sendiri. Kalau tidak terpaksa akan lebih baik kamu makan dan minum di rumah saja.

Terakhir, rajin-rajin lah mencuci tangan dengan cairan disinfektan atau air mengalir dan sabun. Dokter Griggs mengatakan, “Mencuci tangan (dengan sabun dan air) adalah yang paling efektif.” Makanya kalau tersedia, cuci tangan dengan air mengalir adalah pilihan yang terbaik.

3. Saat sampai di rumah

Sesampainya di rumah, segera keluarkan barang-barang belanjaan dan pindahkan ke wadah atau kotak yang kamu taruh di depan rumah. Sehingga kantong belanjaanmu bisa kamu cuci atau langsung kamu buang.

Baca Juga:   Ini 4 Analisis dr Boyke Soal Viral Predator Fetish Kain Jarik

Kemudian lepas sepatumu di luar dan jangan langsung memeluk atau dekat-dekat dengan orang rumah. Alangkah lebih baik kamu mencuci tangan t dulu sampai bersih. Lalu bersihkan juga kunci, dompet, kartu, telepon genggam yang kamu pakai dengan cairan pembersih atau cukup dengan air dan sabun.

Setelahnya, kamu disarankan untuk membersihkan mobil atau motormu juga lho. Lap gagang pintu mobil atau handle motor, kursi, sabuk pengaman, setir, dan semua bagian yang kamu sentuh. Jika sudah selesai kamu baru boleh masuk ke rumah untuk cuci tangan dan kaki serta berganti pakaian. Kalau memungkinkan, kamu juga bisa langsung mandi saja agar bersih dari kuman dan bakteri.

Kalau kamu sudah melakukan semua tips ini, seharusnya kamu sudah aman dan tidak akan membawa virus ke dalam rumah.

Tips dan langkah-langkah di atas sebenarnya memang terasa menyusahkan dan merepotkan. Makanya memang lebih baik tinggal #DiRumahAja. Tapi kalau kamu terpaksa keluar, pastikan untuk tidak melupakan tips Dokter Bill Griggs ini ya biar kamu dan keluarga bisa terhindar dari COVID-19. (sam)