Tentara AS Hilang dan Tewas di Hutan Karawang, Begini Kronologinya

Seorang tentara Amerika Serikat (AS) Major William Walker dilaporkan hilang sebelum ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Karawang, Jawa Barat.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar menjelaskan tentara itu awalnya melakukan survei ke lokasi pendaratan terjun payung untuk latihan Super Garuda Shield (SGS) pada Senin (22/4).

“Survei dari pagi sampai sore, survei tentang tempat pendaratan pasukan penerjunan. Disebar di daerah penerjunan,” kata Nugraha saat dihubungi, Selasa.

Ia mengatakan tentara itu lalu tidak kembali ke titik awal, sehingga dinyatakan hilang.

Baca Juga:   Perbankan Kolaps, Warga AS Khawatir Terulangnya Krisis Keuangan Seperti Tahun 2008

“Ditunggu kembali, enggak balik-balik. Enggak kembali ke titik awal. Itu kan emang jauh-jauh ya, itu luas tempat pendaratan. Meninjau gitu. Enggak kembali ke titik awal,” katanya.

Belakangan, tentara itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Nugraha menduga penyebab kematian adalah karena serangan jantung.

“Sakit ya, sakit mendadak, ya mungkin serangan jantung. Dia kan lagi survei itu kan, ya kalau sakit mendadak kan pasti larinya ke jantung,” katanya.

Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Arif Budiman mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Baca Juga:   Tragedi Penembakan di Dekat Pesta Wisuda SMA di AS 3 Orang Kritis

Dia mengatakan tentara dimaksud sempat mengirimkan lokasi terakhir. Jaraknya 1,5 jam dari lokasi posko utama menuju lokasi terakhir korban.

“Korban hilang dilaporkan membawa HP iPhone miliknya. Melalui GPS yang dikirim dari HP korban, diketahui lokasi terakhirnya berada di sebuah galian hutan, yang berjarak 1 jam 30 menit dari posko utama di Perumahan Karawang Baru,” kata dia.

Tim lalu bergerak untuk mencari tentara AS tersebut. Pencarian dilakukan oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas terdekat, serta pihak Kodim 0604 Karawang, dan Yonif 305 Karawang.

Baca Juga:   5 Daerah Tetap Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan di Bulan Oktober 2023: Segera Lunasi Sebelum Batas Waktu!

Setelah itu, tim menemukan Major William Walker telah meninggal dunia. TNI menyebut yang bersangkutan meninggal karena sakit mendadak.

Loading