9 Macam Beasiswa untuk Melanjutkan Studi di Jerman

 

Peningkatan jumlah pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman dari tahun ke tahun terus meningkat. Berdasarkan pernyataan Bapak Eddy Pratomo mantan Duta Besar Indonesia untuk Jerman yang mengatakan bahwa antusias masyarakat Indonesia yang ingin belajar di Jerman meningkat setiap tahunnya. Nah, jika saat ini anda sedang mencari info beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Master atau Phd di Jerman. Berikut ini beritanow.com merangkum 9 macam beasiswa di Jerman yang disediakan  oleh pemerintah, non pemerintah serta dari universitas yang dapat anda pertimbangkan.

A. Beasiswa yang Disediakan oleh Pemerintah
1. Erasmus + (Erasmus Plus)
Pendanaan beasiswa ini dilakukan oleh European Commission untuk membiayai program pendidikan, pelatihan, pemuda dan olah raga. Sering kali para pelajar Indonesia menggunakan beasiswa ini untuk melanjutkan studinya ke Jerman. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi laman resminya pada eacea.ec.europa.eu.

Baca Juga:   Beasiswa Penuh D3 S1 S2 di Brunei Darussalam Tahun 2020

2. DAAD Scholarships
Penawaran beasiswa ini disediakan oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst Academic Exchange Service (DAAD) dalam berbagai program yang dapat anda pilih. Baru-baru ini kami telah mengulas Beasiswa PPGG dan Beasiswa Epos yang merupakan bagian dari skema DAAD. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa DAAD silakan mengunjungi laman DAAD Indonesia pada www.daadjkt.org.

B. Beasiswa yang Disediakan oleh Non-Pemerintah
3. Deutschland Stipendium
Bagi mahasiswa internasional yang berprestasi dan memenuhi persyaratan bisa saja mendapatkan pendanaan hingga €300 per bulan melalui beasiswa ini. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silakan menuju laman resminya pada www.deutschlandstipendium.de.

4. Heinrich Böll Scholarships
Jenis beasiswa yang satu ini ditawarkan oleh Heinrich Böll Foundation. Beasiswa ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan terbagi dalam dua gelombang pendaftaran. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silakan menuju laman resminya pada www.boell.de.
5. Kurt Hansen Science Scholarships
Bagi pelamar yang ingin merambah ke dunia sains, tawaran beasiswa yang satu ini bisa dipertimbangkan. Kurt Hansen Science adalah program beasiswa yang didanai oleh Bayer. Beasiswa yang disediakan bervariasi, bisa berupa pendanaan proyek, magang, pelatihan tenaga pengajar sains, semester musim panas, program persiapan dan suplementer, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut silakan menuju laman resminya pada www.bayer-foundations.com.

6. KAAD Scholarship
KAAD merupakan sebuah institusi berbasis agama Katholik yang menawarkan beasiswa bagi mahasiswa dari negara berkembang (termasuk Indonesia) yang berminat untuk melanjutkan ke jenjang S2 atau S3, maupun bagi mereka yang sedang melakukan proyek penelitian post-doktoral. Sebelumnya kami juga telah mengulas informasi beasiswanya pada link berikut: Beasiswa KAAD Jerman. Untuk informasi lebih lanjut juga dapat mengunjungi laman resminya pada http://kaad.de.

C. Beasiswa yang disedikan oleh Pihak Universitas
7. Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers
Beasiswa yang diberikan berupa potongan biaya kuliah bagi mahasiswa yang mengambil program Akuntansi, Administrasi Bisnis, Keuangan dan Matematika. Informasi lebih lanjut silakan menuju laman resminya pada www.frankfurt-school.de.

Baca Juga:   Beasiswa S1 di Singapura (Beasiswa Penuh) Semua Jurusan Deadline 15 Maret 2018

8. FRIAS Cofund Fellowship Programme
University of Freiburg yang terkenal akan penelitiannya, menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang mendaftar untuk program penelitian. Pengumuman beasiswa biasanya dilakukan pada musim panas. Informasi lebih lanjut silahkan menuju www.frias.uni-freiburg.de.

9. RWTH Aachen University Scholarships
Berdasarkan Times Higher Education Reputation Rankings, universitas ini masuk dalam jajaran 100 besar universitas terbaik di dunia dan sering memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa internasional. Informasi selengkapnya dapat anda baca pada laman resminya www.rwth-aachen.de.

Loading